Feb 17, 2020

Cara Mudah Membuat Aplikasi WebView Dengan Sketchware


R.Y.S INFO - Assalamualikaum dalam kesempatan yang bahagia atau tidaknya di posting kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi android dengan salah satu aplikasi yang sudah banyak mengunakannya. Namun, disini kita tidak perlu mengunakan leptop atau komputer cukup dengan aplikasi android yang bisa kita download di google play store. Dengan aplikasi ini kita bisa membuat sebuah aplikasi kita sendiri dengan mudah. Tanpa harus banyak pengetahuan tentang coding program yang harus kita pelajari. Karena dengan aplikasi ini kita hanya perlu menyusun kompenen yang sudah di sediakan oleh aplikasi itu sendiri. Ya, nama aplikasinya adalah Sketchware.

Sketchware adalah sebuah aplikasi yang di kembangkan untuk membuat aplikasi android di ponsel android. Salah satunya dengan aplikasi ini kita bisa membuat aplikasi WebView untuk blog atau website kita. Caranya sangat mudah sekali, cukup instal aplikasi Sketchware di google play store lalu jalankan aplikasinya dan mulai membuat aplikasi.

Unduh aplikasinya di Google Play Store klik : http://bit.ly/321wn6X


Caranaya kalau apliaksi sudah diinstal buka aplikasi Sketchware nya lalu klik "Create A New Project" seperti gambar berikut :


Kemudian tulis nama aplilasi yang akan dibuat, jika perlu klik tombol gerigi untuk opsilainnya. Yang pertama "Nama aplikasi, kedua gambar icon aplikasi yang diinginkan cukup klik icon android di samping kiri nama aplikasi, yang ketiga warna yang bisa kamu sesuaikan, lalu "package" misalkan sesuai dengan nama aplilasi misalkan com.nama.aplikasi, terus, nama porject dan juga versi yang bisa disesuaikan kemudian klik "CREATE APP" seperti gambar berikut.


Dan aplikasi pun sudah di buat dan kurang lebih seperti gambar berikut,


Kemudian kita ke tahap berikutnya untuk mulai menyusun kompenen dengan mengelik aplikasi yang sudah kita buat tadinya. Kurang lebih tampilannya seperti ini untuk mulai membuat pungsinya.

  

Lalu cukup seret kompenen "WebView" yang ada di sebelah kiri ke layar yang ada di sebelah kanan seperti gambar berikut


Berikutnya klik tab EVENT, lalu klik "onCreate" dan akan tampil seperti gambar berikut, 


Kemudian klik tombol icon puzzle atau kompenen yang ada di kanan bawah lalu klik "View" dan geser untum cari kompenen "WebView: LoadURL" berikutnya tekan lalu geser keatas. Seperti gambar berikut ini.


Kemudian klik kompenen yang kita seret tadi lalu klik "WebView" dan pilih "WebView1" lalu "Select". Selanjutnya klik "LoadUrl" lalu masukan URL blog atau website yang dituju Lalu "save".


Langkah terakir, kembali ke halaman kalau dirasa sudah selesai semua, tinggal klik "Run".


Dan hasilnya akan seperti gambar berikut,


Dan aplikasi pun telah jadi dan bisa di share ke teman-teman atau upload ke penyediaan layanan seperti PlayStore atau yang lainnya. 

Sekian untuk posting saya kali ini mengenai Cara Mudah Membuat Aplikasi WebView Dengan Sketchware. Semoga dengan posting ini bisa menambah pengetahuan dan pengalaman baru serta, juga bisa terpikir untuk membuat aplikasi blog versi kamu sendiri. Selamat memcoba semoga bermanfaat


Salam...


..

2 Comments

Thankyou tutor nya bang🙏
Jangan lupa juga kunjungi:
https://kucingmerahid.blogspot.com/

makasih kak, semoga ikmunya berkah tuk kakak dan orang lain


EmoticonEmoticon