Feb 4, 2020

Beberapa Cara Mengatasi Ruang Cepat Penuh Di Ponsel Android


R.Y.S INFO - Assalamualaikum... kembali lagi di blog info, informasi seputar aplikasi dan internet serta, informasi seputar android, tips, dan tutorial. Setiap ponsel memiliki kinerjanya masing-masing yang telah di sesuaikan. Namun, dalam beberapa kasus sering terjadinya ruang yang penuh. Ruang yang penuh, jelas akan membuat ponsel berat dalam menjalankan sebuah aplikasi. Bahkan beberapa di antaranya tidak bisa di buka dan akn keluar sendiri. 

Seperti yang kita ketahui aplikasi merupakan fitur tambahan untuk sebuah ponsel. Namun, jika ponsel tersebut memiliki speak yang rendah akan membuat beberapa aplikasi tidak bisa berjalan pada ponsel kita. Maka, dari itu kita harus bisa menyeimbangkan dalam pengunaan aplikasi. Agar ponsel kita bisa berjalan dengan lancar saat membuka aplikasi yang ada diponsel tersebut. 

Ruang yang penuh juga akan menyebabkan ponsel kita mati tiba-tiba atau heng. Karena di pengaruhi penyimpanan yang hampir penuh. Selain itu, juga akan membuat ponsel tidak berkerja dengan baik dan bahkan akan membuat layar tak bisa di geser-geser namun, tetap terus menyala. Selain itu kalau penyimpanan sudah penuh akan terpengaruh juga terhadap aplikasi sistem yang tidak berjalan atau tidak berfungsi dengan baik.

Lantas, bagaimana cara mengurangi hal-hal tersebut agar tidak sering terjadi lagi.? Berikut ini "Beberapa Cara Mengatasi Ruang Cepat Penuh Di Ponsel Android" yang mungkin bisa kamu lakukan.

1. Hapus aplikasi yang tidak penting

     Cara pertama adalah menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting. Dengan menhapus instalan aplikasi yang tidak penting akan sedikit mengurangi bebaban memori pada ponsel. Apalagi aplikasi tersebut bisa saja berjalan di latar belakang. Jadi, jika aplikasi tersebut jarang atau tak pernah digunakan sebaiknya di hapus saja untuk mengosongkan sedikit ruang pada ponsel android.

2. Jangan menginstal terlalu banyak aplikasi

     Kedua, jangan menginstal terlalu banyak aplikasi yang sekiranya akan menghabiskan ruang. Instal saja aplikasi yang di perlukan saja jika bemmnar-benar perlu. Dan jangan menginstal aplikasi yang sama contohnya seperti aplikasi browser. Karena, setiap ponsel sudah ditanamkan aplikasi browser untuk berselancar di internet. Dengan tidak banyak mengunduh aplikasi, aplikasi yang ada pun akan lebih lancar saat di buka.

3. Rutin menghapus data cache atau berkas sampah

    Ketiga, rutin dalam membersihkan berkas sampah akan membantu untuk menstabilkan kinerja ponsel. Jadi, disarankan untuk rutin membersihkan data cache atau sampah yang tidak penting. Jika aplikasi pembersih tidak ada, bisa dengan cara memulai ualng ponsel.

4. Memulai ulang ponsel

     Keempat, dengan memulai ulang ponsel, akan sedikit membantu untuk mengosongkan ruang pada sistem ponsel terutama pada ponsel android. Hal ini bisa kita lakukan setidak nya satu kali sehari jika diperlukan. Cara ini juga bisa kita lakukan jika aplikasi pembersih pada ponsel kita tidak ada. 

5. Sediakan kartu memori
     
     Kelima, sebaiknya kita sedikan kartu memori atau SD Card jika tersedia. Dengan ada nya kartu memori kita bisa memindahkan berkas ke dalamnya agar tidak membebankan penyimpanan prangkat di ponsel kita. Hal ini sangat membantu kita untuk sedikit mengosongkan ruang di perangkat kita. Karena, kita sudah tau kalau untuk menjalankan sebuah aplikasi dan datanya itu adalah penyimpanan perangkat itu sendiri. Kalau menjalankan aplikasi dengan kartu memori hanya beberapa type ponsel saja yang bisa. Itupun masih tergantung pada ram yang tersedia untuk menjalankan sebuah aplikasi. Jika ram nya penuh juga akan keluar sendiri. 

Itulah beberapa Cara Mengatasi Ruang Cepat Penuh Di Ponsel Android yang bisa saya bagikan dan yang bisa dilakukan. Namun, itu hanya beberapa saja di antaranya dan mungkin masih ada cara lainnya. Cara-cara diatas bisa kita lakukan untuk mengurangi agar ruang penyimpanan tidak cepat penuh. Silahkan dicoba dan semoga cara ini berhasil.

Terima kasih 





EmoticonEmoticon