Feb 5, 2020

Hati-Hati, Jangan Sembarangan Menginstal Aplikasi Dari Pihak Ketiga


R.Y.S INFO - Assalamualaikum... Aplikasi merupakan salah satu fitur tambahan yang sangat berguna dalam pengunaan ponsel. Aplikasi bisa kita dapatkan di internet dengan mudahnya. Apalagi di jaman seperti sekarang ini sudah banyaknya pengembang aplikasi yang hampir bisa di lakukan oleh siapa saja. Dengan banyaknya aplikasi yang di sebar luaskan di internet, akan memudahkan penguna ponsel untuk mengunduhnya terutama penguna smartphone. 

Namun, tak jarang penguna tersebut akan sembarangan dalam mengunduh dan menginstal tanpa tau dari mana asal aplikasi tersebut. Asal aplikasi tersebut tetlihat bagus dan menarik penguna akan langsung saja unduh. Setelah itu buka dan bahkan jika memerlukan akses dan profil penguna tersebut akan mendaftar di aplikasi tersebut dengan informasi lengkapnya. Padahal, kita belum tau apakah aplikasi tersebut aman atau tidak nya. 

Dengan melihat aplikasi tersebut menarik, banyak orang tertarik untuk mengunduhnyan karena penasaran seperti apa. Dan juga memang sudah di coba oleh beberapa penguna lainnya lalu disebarlah aplikasi tersebut lewat internet atau pun kirim mengirim.

Namun, sebaiknya tinggalkan hal seperti itu kalau belum paham betul dengan resiko yang akan ditanggung. Karena aplikasi yang tidak resmi beresiko tinggi terhadap penyalahgunakan terutama mengakses data tanpa permisi. Contohnya, aplikasi akan login otomatis, mengakses data tanpa izin, mengakses lokasi, mengakses info lainnya yang ada pada ponsel penguna.

Selain itu, aplikasi yang tidak tau dari mana asalnya, juga beresiko mendatangkan virus ke dalam sistem ponsel. Jika hal itu terjadi maka, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan pada pansel. Jika sudah begitu sulit untuk kita memulihkan ponsel yang sudah di masuki berkas mengandung virus tersebut. 

Tidak berhenti di situ saja, aplikasi yang tidak tau di buat oleh pengembang mana dan siapa pembuatnya, juga akan beresiko tinggi akan meretas atau mengendalikan jarak jauh ponsel kita oleh orang tak bertangung jawab tersebut. Maka dari itu, sebaiknya cari tau terlebih dahulu jika di perlukan agar keamanan ponsel kita tetap terjaga saat kita ingin mengunduh atau menginstal aplikasi di luar market yang sudah resmi. 

Karena sudah banyak market yang resmi yang bisa kita gunakan untuk mencari aplikasi. Contohnya, play store, market aplikasi yang sudah tertanam di ponsel kita, dan market resmi lainnya. Dengan mengunduh aplikasi yang sudah resmi akan lebih baik dan sudah terverifikasi keamanannya. 

Oke disini bahwa saya tidak melarang orang-orang untuk menginstal aplikasi-aplikasi tersebut. Hanya saya memberikan sedikit penjelasan resiko apa jika kita tidak berhati-hati dalam menginstal aplikasi luar market yang tidak resmi atau ilegal yang tidak kita ketahui. Karena taruhannya adalah privasi dan keamanan pada data dan ponsel kita, atau bahkan kita sendiri.

Mingkin sesingkat ini saja yang bisa saya tulis dan kekurangannya mohon di maklumi. Intinya hati-hati dan jeli saat mengunduh dan menginstal sebuah aplikasi dari pihak ketiga. Karena kita tidak tau apa yang akan terjadi pada ponsel kita kalau aplikasi tersebut ternyata adalah aplikasi jahat dalam kata lain aplikasi yang mengakses data tertentu pada sistem dari perangkat kita. 

Terima kasih semoga informasi ini bermanfaat.

..




EmoticonEmoticon